Capaian Vaksin

YamaoBao , Capaian Vaksin Rendah, Satgas Covid Papua Ungkap Alasannya, Presiden Jokowi sedang menyoroti beberapa provinsi dengan capaian Vaksin terendah salah satunya adalah Provinsi Papua.

Menanggapi hal ini juru bicara satgas Covid 19 Provinsi Papua yaitu dr Silwanus Sumule pun memaparkan alasan mengapa capaian Vaksin di bumi Cendrawasih itu masuk ke dalam kategori terendah.

Kurangnya Kesadaran Masyarakat

Kurangnya kesadaran masyarakat diduga menjadi faktor utama dari capaian Vaksin di Papua yang rendah. Hal ini khususnya terjadi di daerah pedalaman Papua. Banyak sekali masyarakat yang sangat awam mengenai pentingnya vaksinasi Covid 19.

Terlebih di daerah pedalaman Papua akses komunikasi ataupun informasi tergolong cukup sulit sehingga masyarakat memiliki pengetahuan yang rendah terhadap vaksinasi ataupun bahaya virus Covid 19 itu sendiri.

Kurangnya sosialisasi Faktor yang memicu kurangnya pengetahuan dari Masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi Covid 19 dikarenakan kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah setempat dan lembaga terkait.

Untuk daerah pedalaman Papua sendiri memerlukan pendekatan khusus untuk melakukan sosialisasi seperti melalui tungku adat , para perempuan, ataupun perkumpulan keagamaan setempat.

Hal ini juga selaras dengan pernyataan dari dr Silwanus Sumule “Selama ini kurang melibatkan tungku adat, gereja, perempuan, dan pemerintah sehingga pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi kurang, khususnya di wilayah pedalaman Papua,”

Jumlah vaksin mencukupi

Disinggung mengenai ketersediaan jumlah vaksin, Silwanus menerangkan, capaian Vaksin di Papua yang rendah tidak ada kaitannya dengan kurangnya jumlah vaksin di Papua karena ia menuturkan bahwa jumlah vaksin di Papua aman dan mencukupi.

Titik Fokus Vaksinasi

Mengingat pelaksanaan PON XX Papua 2021 yang akan dilaksanakan pada 2-15 Oktober mendatang, pemerintah setempat sedang mengupayakan percepatan Vaksinasi bagi masyarakat Papua khususnya bagi kota tempat penyelenggaraan event tersebut.

Masih menurut keterangan dr Silwanus Sumule, pelaksanaan vaksinasi Covid 19 tingkat nasional di Provinsi Papua akan difokuskan pada 4 daerah yang menjadi tempat pelaksanaan event olahraga tersebut yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

BACA JUGA : KABAR BAIK BAGI UMKM, LINKAJA AKAN LUNCURKAN LINKAJA MODALIN

“Secara keseluruhan, pelaksanaan vaksin di Papua rendah baru 30-35 persen, tapi di 4 daerah klaster PON sudah mencapai angka 50 persen. Memang fokus kita saat ini terutama daerah yang menjadi tempat pelaksanaan PON XX,”Ujar Silwanus.

Percepatan Vaksinasi di daerah event PON XX berlangsung tentu memiliki tujuan khusus karena daerah yang akan diadakan event besar seperti ini sangat rentan akan penularan virus Covid 19 dan dapat meningkatkan angka kasus positif sehingga vaksinasi dapat meminimalisir hal tersebut.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *